Waw…. Foto Itu Ternyata?…….

Petemuan Operator Kampung saat belajar fotografi dan vidiografi (dokumen penawarrejo.desa.id | photo by suyanto)

Penawar Rejo, 31 Januari 2018 | Dalam Kehidupan dunia fotografi dan vidiografi ternyata memang dibutuhkan keahlian dan tehnik-tehnik tertentu supaya dapat menghasilkan gambar yang bagus sesuai dengan stadart fotografi dan vidiografi, hal ini lah yang akhirnya para operator di kecamatan Banjar Margo ingin mempelajari bagai mana agar saat memuat berita bisa menampilkan hasil foto gambar yang seindah mungkin karena selama ini mereka hanyalah melakukan fotografi asal dapat gambar saja sehingga hasilnya kurang bagus.

Atas dasar diatas tadi kami relawan TIK melalui pertemuan operator sekecamatan Banjar Margo dan diadakan di balai kampung Penawar rejo, pak Dana Putra Yuda menyampaikan bagagaimana bagaimana seharusnya melakukan tehnik-tehnik pengambilan atau posisi saat memfoto atau vidio sebuah objek tetapi menghasilkan komposisi gambar yang bagus hanya melalui editing by camera saat itu juga. ini ternyata ada beberapa trik-trik yang yang harus dilakukan oleh fotografer maupun cameramen berikut adalah beberapa trik yang harus dilakukan :

Operator dari Kampung bujuk agung sangat memperhatihan penyampaian meteri yang diberikan pk Dana Putra Yuda.
  1. Memahami dahulu tentang komposisi gambar yang didalamnya mengupas tentang : unsur-unsur gambar, pengertian komposisi gambar, kriteria komposisi gambar yang baik, pengertian tentang shot, scene, sequence dan shoting.

  2. Komposisi tentang aspek framing / pembingkaian yang berisi tentang : pembingkaian, pengelompokan objek, bentuk garis dan kurva, orang dalam framing dan bad and good framing.

  3. Komposisi dari aspek camera angle yang berisi tentang : penempatan sudut engle, type camera angle, faktor-faktor yang menentukan camera angle, perspektif objek, posisi kamera untuk pengambilan perspektif /dimensi orang/pemain, tinggi camera dan special camera angle.

  4. Imaginary line/crosing line atau rule off 180 degree yang berisi tentang : posisi camera untuk Overs sholder shot (OSS), objek direction in rule 180 degree.

  5. Gerakan camera yang berisi tentang ; elemen -elemen shoot ( motivasi, informasi, komposisi, suara, sudut camera dan kontunuitas)

Kiri Philip Karyanto Operator dari kampung Ringin sari, tengah andi operator Agung jaya, kanan Ryan widyanto operator urwajaya.

Itulah beberapa trik yang harus dilakukan oleh seorang fotografer maupun seorang Cameramen. dan untuk membuat foto-foto yang indah tentu melibatkan pemikiran-pemikiran dan ide kreatif. walupun terbantu dengan peralatan fotografi yang bagus tidak menjadi jaminan hasilnya ikut bagus sehingga diperlukan tehnik dan skill yang harus dipelajari, namun yang anda perlukan sebelum pengambilan foto adalah berfikir dan mengerti tentang apa yang akan ditangkap dalam pengambilan objek atau apa yang akan anda ciptakan dari sebuah objek dan inilah trik sederhananya.

Bapak Dana Putra Yuda menjelaskan tetang komposisi gambar dalam pengambilan photografi.
  1. Memotret lebih dekat dengan objek bila terlihat jauh usahakan lebih mendekat agar frame terlihat terisi penuh oleh objek yang ingin anda fokuskan dan jangan banyak meninggalkan ruang kosong pada frame.

  2. Memotret cepat pada setiap momen ini diperlukan karena bila terlalu lama kita melakukan pengaturan tentu kita akan kehilangan sebuah momen yang bagus pada objek anda. lakukan pemotretan secepanya dan sebanyak banyaknya agar kita bisa memilih hasil frame yang bagus.

  3. Saat mengkomposisi objek sebaiknya berhati-hati dana lakukan segala usaha agar objek terlihat seimbang dan indah karena orang akan merespon foto anda yang memiliki elemen yang seimbang.

  4. Menseleksi dalam memilih elemen-elemen dalam foto karena jika ada elemen yang menggagu foto akan mengaburkan objek yang sebenarnya ingin anda tapilkan bila kesulitan sebaiknya posisi anda bergeser agar memperoleh objeknya.
  5. Pokus pada objek.
  6. Perhatikan arah cahaya jika berlawanan dengan cahaya tentu akan mengaburkan sebuah objek yang diinginkan.

  7. Berani dalam mepotret kalau anda kurang berani mengekplosrasi objek ini tentu akan mematikan kreatifitas anda untuk mendapatkan foto yang bagus.

Suasana pertemuan Operator sekecamatan Banjar Margo.

Itulah tadi bagaimana sedikit trik yang dapat penulis berikan walaupun saat ini penulis juga masih dalam posisi belajar setidaknya apa yang saya tahu tentu ingin saya bagikan kepada pembaca dan berbagi ilmu.