Kegiatan Jum’at Bersih di SMPN 1 Banjar Margo

Kepala Sekolah bersama guru-guru SMPN 1 Banjar Margo berfoto bersama setelah kegiatan jumat bersih (dokumen smpn1bama photo by dwi wuryati)

Penawar Rejo, 26 Januari 2018, Kegiatan Pembiasaan di Sekolah pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan membiasakan perilaku positif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang, baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Hal tersebut juga akan menghasilkan suatu kompetensi. Pengembangan karakter melalui pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal baik di dalam maupun di luar kelas.

Kepala sekolah bapak Suradi terjun langsung memimpin kegiatan Jum’at bersih (dokumen smpn1bama photo by dwi wuryati)

Dalam rangka menumbuhkan pembiasaan diatas SMPN 1 Banjar Margo sangatlah peduli dengan pendidikan yang tidak mengutamakan teori (convensional learning), namun berusaha mengembangkan pendidikan yang mengembangkan karakter siswa (learning proses). Dengan memberikan pendidikan karakter  diharapkan siswa dapat memiliki karakter baik dan akan dijadikan basic dalam kehidupan sehari-harinya.

Siswa siswi SMPN 1 Banjar Margo bahu membahu membersihkan lingkungan sekolah (dokumen smpn1bama photo by dwi wuryati).

Pembiasaan yang di lakukan di SMP negeri 1 Banjar Margo adalah kegiatan jum’at bersih ini didasari untuk meningkatkan kesadaran kepada siswa bahwa kegiatan ini sangat diperlukan karena dengan lingkungan yang bersih maka akan membuat tubuh kita sehat dan tecipta jiwa yang sehat seperti kata pepatah Mens Sana in Corpore Sano (artinya: di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat). dan menurut kepala sekolah kegiatan rutin ini diharapkan terus berkesinambungan.

Bapak Suprapto ikut dalam kegiatan jumat bersih bersama dengan siswa-siswi (dokumen smpn1bama photo by Tjiptiani).

Kegiatan ini bukan hanya melibatkan siswa-siswi saja tetapi guru dan staf SMPN 1 Banjar Margo pun telibat dalam kegiatan jum’at bersih ini. Seluruh siswa, guru serta karyawan bahu membahu melaksanakan kegiatan kebersihan dilingkungan sekolah dan sekitar lingkungan sekolah. 

Siswa siswi mengumpulkan sampah kemudian membakarnya dan diawasi langsung oleh kesiswaan bapak Salasin.

Sehingga diharapkan setiap siswa akan terbiasa dan menjadi kebiasaan untuk selalu membersihkan baik ruang kelas maupun halaman, juga selalu menjaga sampah dibuang ditempat semestinya.

Tampak Ibu guru Ratna agustina menyapu halaman sekolah bersama-sama siswa.
Dengan adanya program ini diharapkan akan menumbuhkan pembiasaan disekolah, dikeluarga maupun dimasyarakat yang akan membentuk karakter kepada siswa tentang betapa pentingnya arti kebersihan dan kesehatan bagi kehidupan manusia.