REALISASI DANA DESA PADA PEMBANGUNAN KAMPUNG PENAWAR REJO

Gotong Royong Masyarakat yang dewasa ini sudah Mulai jarang terlihat mudah-mudahan warisan budaya ini bisa tumbuh kemabang lagi di Penawar Rejo yang tercinta ini

Penawar Rejo, 1 Desember 2017.

Melalui kucuran Dana Kampung (DK) pemerintah kampung Penawar Rejo dalam merealisasikan anggaran pembangunan kampung pada semester pertama di gunakan untuk pembangunan fisik yaitu pembangunan Gedung Puskesmas Pembantu (PUSTU) yang berada di wilayah RK 5 RT 3 ini telah terseselaikan dengan sempurna oleh POKMAS kampung Penawar Rejo, Anggaran ini menelan biaya sebesar Rp. 58.436.050,00 dan di harapkan dengan adanya PUSTU ini pelayan kesehatan bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat, dimana selama ini bila masyarakat ingin beobat ke Puskesmas menempauh jarak 5 KM dan sekarang bila berobat cukup ada di kampung sendiri.

Dokumen Pembangunan PUSTU saat Proses Finising (Foto dok. Slamet Widodo)

Selain Gedung PUSTU ini pada semester I juga dilaksanakan pembangunan Drainase sepanjang 500 M yang berada di lakasi RW 2 ini menelan biaya Rp. 187.254.600,00 walaupun dalam proses pembangunan banyak mengalami kendala karena saat itu masih musim Hujan sehingga proses pembangunannya tersendat-sendat dan juga masih dalam suasana bulan Rhamadan pekerjanya pun dalam keadaan berpuasa tentunya.

Hasil realisasi DK pembangunan tahap 1 untuk pembangunan Drainase (Poto Dok. Slamet Widodo)
Suasana Gotong royang dalam melaksanakan Swadaya di bidang Pembangunan

Saat pembangunan Dana Kampung tahap 1 ini masih dipimpin Oleh Pj Kepala Kampung Yaitu Bapak Bactiar, S.E dan beliau pun puas atas pembangunan yang sudah terlaksana dengan baik di saat kampung Penawar Rejo masih dalam kepemimpinannya. kini beliau sudah berpindah tugas yang sebelumnya berada di kecamatan Banjar Margo kini bertugas di Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang.

Selain dua pembangunan dari Dana Kampung tadi yang di jelaskan ada juga Pembangunan melalui Alokasi Dana Kampung (ADK) dalam bentuk program GSMK (Gerakan Serentak Membangun Kampung) yang terletak di RK 1 ini pada tahap 1 ini telah dikucurkan dana sebesar Rp. 90.000.000,00 digunanakan untuk membuat jalan Onderlach sepanjang kurang lebih 500 M dalam kegiatan ini antusiasme warga dalam bergotong royong sungguh luar biasa.

Pembangunan Gerakan Serentak Membangun Kampung (poto Dok Slamet Widodo)
Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan