Posyandu Lansia dan PHBS di Poskeskam Penawar rejo

Pemeriasan kepada lansia yang kemudian di catat dalam KMS dan diberikan penyuluhan perorangan berdasarkan catatan KMS (dokumen Poskeskam - photo by Krisna wati).
Bidan dari puskesmas menerangkan cara-cara dan tindakan yang harus dilakukan para lansia agar dapat berpola hidup bersih dan sehat (dokemen poskeskam – photo by Krisna wati).

Penawarrejo.desa.id – Senin, 18 Desember 2017 Poskeskam Penawar rejo yang di pimpin oleh bidan Krisna wati ini setiap bulan mengadakan posyandu lansia dan memberikan penyuluhan kepada lansia baagaimana melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kegiatan ini mendatangkan Bidan yang Ahlinya di bidang penangan Lansia dari Puskesmas Banjar Margo. pelayanan kesehatan pada posyandu lansia meliputi kesehatan fisik dan mental emosional, dengan KMS mencatat dan memantau untuk mengetahui lebih awal penyakit atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi dan perkembangannya. Posyandu lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di kampung – kampung bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang sudah berusia lanjut.

Penyuluhan oleh Bidan dari Puskesmas Banjar Margo dalam melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), (dokumen Poskeskam – photo by Krisna wati).

Posyandu lansia adalah wahana pelayanan bagi kaum usia lanjut yang dilakukan dari, oleh, dan untuk kaum usia yang menitikberatkan pada pelayanan promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitative. Posyandu lansia merupakan upaya kesehatan lansia yg mencakup kegiatan pelayanan kesehatan (yankes) yang bertujuan untuk mewujudkan masa tua yang bahagia, sehat dan berdayaguna, serta memahami bagaimana di usia lanjut ini dapat melakukan gaya hidup dengan pola yang sehat.

Para Lansia sangat serius mendengarkan penyuluhan Bidan dari Puskermas (dokumen Poskeskam – photo by Krisna wati).

Tujuan kegiatan posyandu lansia ini adalah untuk meningkatkan jangkauan layanan kesehatan bagi lansia sehingga terbentuk layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh lansia. Selain itu untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan di samping meningkatkan komunikasi masyarakat yang sudah usia lanjut.

Senam Lansia yang dipandu langsung oleh bidan Krisna wati dengan tujuan agar lansia memdapatkan tubuh yang sehat (dokemen poskeskam – photo by Krisna wati).

Setelah dilakukan kegiatan posyandu lansia ini juga bidan Krisna wati mengajak para lansia untuk melakukan senam sehat yang dikhususkan untuk usia lanjut dengan beban senam yang tidak terlalu berat.

2 Comments

Tinggalkan Balasan