Perhatian Bupati Kepada Sideka Sebagai Bentuk Informasi Satu Data

Kepala Kampung Sekecamatan Banjar Margo berfoto bersama bupati Tulang Bawang Winarti sehabis Sosialisasi Dalam Rangka Mensukseskan Dasbord Sideka Tulang Bawang (dokumen penawarrejo.desa.id Photo by Sholekol)

Tulang Bawang, 22 Januari 2018 | Bertempat di Lantai III kantor Bappedalitbang Jln Lintas Timus Sumatra KM 112 Kabupaten Tulang Bawang, Bupati terpilih Ibu Winarti mengumpulkan seluruh kepala kampung yang berjumlah 147 kampung, Pertemuan ini di motori oleh Diskominfo Tulang Bawang dalam rangka Mensukseskan program kementrian Dalam Negeri dan kementrian Teknologi Informatikan dengan Program Indonesia satu data. selama ini data yang ada belum memenuhi kriteria yang akurat sehingga dengan adanya Sideka ini diharapkan semua informasi baik itu tentang keuangan, data penduduk dan pemetaan dapat disajikan dari masing-masing kampung yang lebih tahu kondisinya sehingga mendapatkan keakuratan yang maksimal.

Bupati Tulang Bawang Ibu Winarti saat memberikan sambutan kepada 147 kepala kampung se TUBA foto bersama jajaran kepala dinas.

Dalam sambutanya Bupati Tulang Bawang Ibu Winarti mengatakan beliau sangat mendukung dan mengapresiasi seluruh kampung yang sudah menerapkan Aplikasi sideka ini, sehingga dapat lebih efisien, efektif dan transparan serta akuntable. diharapkan nanti kepala kampung dapat menyimak, memperhatikan, memahami dan melaksanakan apa yang akan disampaikan oleh narasumber dari relawan tik dan pandu desa yaitu Bpk Dana Putra Yuda.

 

Bapak Dana Putra Yuda berbaju biru memberikan materi tentang sideka belia dantang sebagai Relawan TIK dan Pandu desa.

Materi yang disampaikan oleh Bpk Dana Putra Yuda tentang keakuratan data yang dimiliki oleh negara tidaklah valid sehingga timbullah sideka dengan harapan dapat mejawab tentang kevalidan data yang dimiliki negara kita. sebelumnya data yang di input melalaui kementrian dengan mengirim tim seleksi ternyata tidaklah seakurat bila kampung itu sendiri yang menginputnya makanya timbullah sideka ini untuk memberikan solusi kepada pemerintah. dengan cara kampung itu sendirilah yang akan menginput dan memberikan informasi kepada kementrian, sehingga dapat mengahasilkan data yang valid karena orang-orang yang di kampung itulah yang tahu pasti tentang kondisi kampungnya.

Para Kepala Kampung sangat serius mendengarkan informasi yang disampaikan Bupati Ibu winarti dan pemateri Bpk Dana Putra Yuda.

Dengan Sideka ini mudah-mudahan dapat memberikan informasi yang akurat dan tepat baik itu kepada pemerintah dalam hal ini kementrian terkait juga kepada desa-desa atau kampung-kampung lain agar saling terkoneksi dalam hal penyampain informasi tentang keungulan desa dan kawasan masing-masing. dengan informasi ini diharapkan bisa saling bekerjasama dan saling menguntungkan.