Pendataan Linmas Penawar Rejo

Pertemuan Pendataan Linmas dengan formasi dan jumlah yang baru akan di bentuk malam ini (dokumen penawarrejo.desa.id photo by Abu Nawan)

penawarrejo.desa.id | Minggu 11 februari 2018 Pendataan ulang Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) yang dilakukan satuan linmas Penawar Rejo ini dilakukan atas permintaan dari satuan polisi pamong praja (SATPOL PP) kabupaten Tulang Bawang yang meminta agar setiap kampung hanya di bolehkan 15 anggota SATLINMAS saja. Tetapi ini sangat menyulitkan bagi pemerintahan kampung karena di tahun sebelumnya 2017 kampung diminta untuk membuat satuan linmas setiap RT harus ada keterwakilan tetapi tahun ini direvisi bahwa setiap kampung hanya 15 satlinmas saja.

Dalam sambutanya Bapak Kepala Kampung Penawar Rejo Mulyoto sangat berat mengungkapkan perihal permintaan satpol PP kabupaten Tulang Bawang tersebut. karena tentunya ini akan mengurangi jumlah Satlinmas yang ada saat ini yang berjumlah 25 orang mulai tahun ini hanya 15 orang saja, tentu dengan jumlah yang ada harus dikurangi 10 orang ini membuat kepala kampung meminta maaf kepada anggota linmas yang tidak terpilih kembali.

Situasi Pendataan walaupun sedikit riak yang ada tetapi bila nantinya ada anggota satlinmas yang tidak terpilih kembali agar dapat legowo / meneima dengan ikhlas. (dokumen penawarejo.desa.id photo by Abu Nawan).

Dan seleksi yang dibantu oleh Babinsa Penawar rejo yaitu Bapak Abu Nawan dengan mengacu kepada PERMENDAGRI no 84 tahun 2014 pasal 4 ayat 2 yaitu anggota linmas harus memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Berumur sekurang-kurangnya 18 (delapan belas) tahun dan/atau sudah menikah.
  5. Jenjang Pendidikan Minimal SLTP dan/atau sederajat.
  6. Sehat jasmani dan rohani.
  7. Bertempat tinggal di wilayah Desa/Kelurahan setempat; dan
  8. Bersedia membuat pernyataan menjadi anggota Satlinmas secara sukarela dan kesanggupan untuk aktif dalam kegiatan perlindungan masyarakat.

Dalam sambutanya bapak Babinsa Abu Nawan pun merasa berat bila jika Satlinmas ini harus berkurang karena dengan satlinmas yang ada sekarang dianggap sudah memenuhi jumlah dari perwakilan setiap RT ada satu orang Satlinmas. Tetapi menurut beliau ini bukanlah kewenangannya menentukan jumlah satlinmas yang seharusnya, saya hadir disini hanya untuk membantu supaya acara pendataan ulang ini dapat berjalan dengan lancar dan aman turur beliau. Semoga nanti siapa pun yang masuk dan memenuhi syarat agar dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.