Pembentukan panitia zakat fitrah masjid Al mu’minun penawar rejo

Doa bersama setelah selesai rapat pembentulan panitia zakat fitrah.

penawarrejo.desa.id : Setiap tahunnya menjelang berakhirnya ramadhan adalah kewajiban setiap muslim yang sudah menjalankan ibadah puasa akan membayar zakat fitrah untuk menyempurnakan ibadahnya, oleh karena itu takmir masjid Al Mu’minun bersama tokoh agama di lingkup kampung penawar rejo mengadakan rapat pembentukan panitia zakat. kepanitiaan ini di bentuk berdasarkan keputusan bersama pada hari kamis tanggal 6 juni 2018 dengan susunannya sebagai berikut ;

  1. Ketua Panitia                  : Usatad, Badrut Tamam
  2. Sekretaris                        : Suez Yani Ananto
  3. Bendahara                       : Suparjo
Kepala Kampung Hadir dalam pembentukan panitia zakat fitrah.

Dan selain membentuk panitia juga menghasilkan keputusan jika jamaah yang membayar zakat selain menggunakan beras yang dimakan sehari-hari dengan berat 2,5 Kg per jiwa bisa dengan menggantinya dengan uang yang di asumsikan jika harga beras di ambil rata rata Rp 10.000 maka setiap jiwa bisa membayar Rp 25.000.

Dalam rapat juga di bahas siapa saja yang berhak menerima zakat firtah ini yaitu fakir, miskin, sabililah dan amil sedangkan untuk mualaf dikarenakan di kampung penawar rejo tidak ada maka di tiadakan, jumlah fakir yang akan menerima zakat berjumlah 56 orang, jumlah miskin yang menerima berjumlah 88 orang dan sabililah yang menerima berjumlah 9 orang. pembagian ini berdasarkan persentase dimana 70 % dari penerimaan zakat diberikan kepada fakir dan miskin sedangkan 30 % nya diberikan kepada sabililah dan amil.

Keputusan rapat hasil dari kesepakatan jamaah yang hadir.

Hari penerimaan zakat akan dimulai tanggal 12 dan 13 bakda tarawih hari kamis pagi kemudian siang harinya akan dibagikan langsung kepada penerima yang sudah masuk daftar fakir, miskin, sabililah dan amil.

Komentar Facebook