Sideka Pendukung Kegiatan Pelayanan Kantor Kampung

Kepala Kampung Penawar Rejo Bapak Mulyoto ikut memantau penginputan data kependudukan sideka di kantor kampung. (dokumen penawarrejo.desa.id photo by Suyanto).

Penawarrejo.desa.id Jumat, 15 Desember 2017 “Indonesia satu data” itulah ungkapan yang saat ini sedang di kumandangkan agar Indonesia sekarang bisa memiliki data penduduk secara real melalui program sideka yang berbasis internet ini. diharapkan nantinya seluruh desa yang ada di wilayah kabupaten Tulang Bawang bisa menerapkan layanan melalui sistem informasi daerah dan kawasan (sideka).

Carik Penawar Rejo Membantu input data Penduduk di sela-sela kesibukan pekerjaannya ( dokumen penawarrejo.desa.id photo by Suyanto).

Penawar rejo walaupun sedikit tertinggal dari kampung lain yang ada di Tulang Bawang untuk penginputan data kependudukan tetapi, sudah beberapa hari ini staf dan operator kampung mulai melakukannya, input data ini agar nantinya administrasi di kantor kampung dapat semakin mempermudah pelayanan kepada masyarakat Penawar Rejo.

Berdasarkan UU no 6 tahun 2014 (UU Desa) menyebutkan bahwa salah satu tujuan dari pengaturan tentang Desa adalah untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat desa. Dengan adanya aplikasi sideka ini apa yang di amanatkan di undang-undang desa tersebut akan terpenuhi di bidang pelayanan administrasi kependudukan contonya seperti pengantar akte kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kematian, Pembuatan akta jual beli tanah, Surat Pernyataan Miskin (SPM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK), maupun administrasi lainnya yang tidak secara tegas disebutkan dalam peraturan ini atau sudah diatur oleh peraturan lain.

Siti Bayinah staf kampung sedang melakukan input data dengan sangat seriusnya (dokumen penawarrejo.desa.id photo by Suyanto).

Dengan Sideka ini yang sebelumnya berbagai layanan adminitrasi yang semula rumit dan butuh waktu lama dalam pengurusannya, nantinya dapat terselesaikan dengan cepat dan mudah. Selain dimanfaatkan untuk memperbaiki layanan administrasi, Sideka ini juga diintegrasikan dengan berbagai program untuk mendorong kegiatan ekonomi produktif, kegiatan ekonomi kreatif, peningkatan pendidikan-kesehatan, dan upaya pengentasan kemiskinan. Dengan konsep Sideka ini, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan masyarakat diharapkan akan semakin meningkat.

Saat ini jumlah desa yang ada di wilayah Tulang Bawang berjumlah 151 tetapi baru 85 desa yang terdaftar di Sideka mudah-mudahan kedepanya semua desa yang ada bisa menggunakan aplikasi ini.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan