Pelatihan penyusunan rpjmkamp , rkpkamp dan apbkamp

Bimbingan Teknis penyusunan RPJM, RKPKamp dan APBKamp, (dokumen desa.id photo by suyanto)

penawarrejo.desa.id | Panitia pelatihan administrasi menggelar pelatihan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah kampung (RPJM kamp) dan rencana kerja pemerintahan kampung (RKP kamp) dan anggaran pendapatan belanja kampung (APBkamp). kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa 7 agustus 2018 di balai kampung Penawar rejo, ini merupakan langkah pendalaman dalam membentuk pemahaman dasar penyusunan RPJM, sehingga diharapkan terbangun kerja sama dan tanggung jawab bersama.

Pantauan dilapangan hadir para aparatur kampung sekecamatan Banjar Margo dari 12 kampung yang datang sebagai peserta, dengan nara sumber dari Dinas pemberdayaan masyarakat pemerintahan kampung (DPMPK) kabupaten Tulang Bawang. kegiatan ini diketuai oleh bapak Jamirun yang juga kepala kampung Agung Jaya, beliau berharap dengan pelatihan ini semua aparatur kampung yang ada diwilayah banjar margo nantinya dapat lebih memahami bagaimana langkah langkah dalam tehnik penyususnan.

Antusiasme peserta pelatihan saat mendengarkan pengarahan dari kepala dinas DPMK kabupaten Tulang Bawang. (dokumen desa.id photo by suyanto)

“Perencanaan pembangunan kampung disusun secara berjangka yaitu rencana pembangunan jangka menengah enam tahun, rencana kerja pembangunan kampung (RKPkamp) dan APBkamp. yang merupakan penjabaran dari RPJM jangka waktu satu tahun,” Tutur Jamirun saat membuka pelatihan bagi aparatur pemerintahan kampung.
Menurut DRS.YEN DAHREN, M.Ap, RPJMkamp atau RKPKamp ditetapkan dengan peraturan desa dan merupakan pedoman dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Kampung (APBKamp). “Selain itu RPJM dan RKP Kampung merupakan satu-satunya dokumen perencanaan Kampung”.

Sedangkan menurut Bpk Khamami mengatakan, Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa memberikan penguatan yang mendasar terhadap pembangunan kampung, khususnya perencanana pembangunan. Dengan diterbitkannya UU nomor 6 tahun 2014, maka perencanaan pembangunan kampung menjadi salah satu perhatian penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Ia menjelaskan, penguatan desa atau negeri melalui perencanaan yang komprehensif dan terpadu dengan menyusun RPJM dan RKPKamp, memerlukan kesiapan dari aparatur dan seluruh masyarakat.

Para sekertaris kampung dan operator kampung yang sangat serius mendengarkan pemaparan dari nara sumber. (dokumen desa.id photo by suyanto).

Dijelaskannya bahwa pengadaan mobil ambulan memang agenda pemerintah daerah Tulang Bawang tetapi untuk tahun ini masih di targetkan dari 147 kampung setidaknya ada 30% bisa mengadakan mobil ambulan untuk tahun ini jika berhasil baru sisanya di tahun depan, jadi hindari terhadap isu isu bahwa pemda mengintervensi bahwa tahun ini semua kampung harus mengadakanya, sekali lagi hindari isu isu itu ditegaskanya.

Sedangkan tantangan utama dalam perencanaan pembangunan kampung, salah satunya adalah kesiapan dan kapasitas sumber daya aparatur kampung untuk menyusun RPJM, RKP dan APBkamp yang berkualitas yang selama ini menjadi kendala. maka pelatihan ini sangat di perlukan dan melalui pelatihan RPJP, RKP dan APBkamp diharapkan akan terbangun kesepahaman wawasan untuk perencanaan pembangunan kampung yang berkualitas.