Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas Penawar Rejo

Kegiatan Pelatihan Linmas untuk meningkatkan kapasitas tugas dan fungsinya. (photo by suyanto)

Penawarrejo.desa.id – Bertempat di Balai Kampung Penawar Rejo kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung telah dilaksanakan pelatihan dan pembinaan bagi anggota Linmas Penawar Rejo yang di latih oleh Babinsa Bapak Abunawas dan Babinkamtibmas Bapak Brigpol I Made Julianta. Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri oleh kasi pemerintahan kampung Penawar Rejo Bapak Sartomo yang mewakili kepala kampung yang saat itu sedang ada urusan lainya serta seluluh anggota linmas yang berjumlah sekitar 20 orang.

Peserta pelatiah linmas sanat serus mendengarkan pengarahan dari pelatih. (dokumen penawarrejo.desa.id – photo by suyanto).

Materi kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahamanĀ kepada anggota Linmas tentang tugas dan fungsi Linmas yaitu untuk melaksanakan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan bencana, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membatu kegiatan sosial kemasyarakatan. selain itu juga membantu masyarakat dalam meningkatkan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah serta menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan yang terjadi.

Bapak Brigpol I Made Julianta memberikan pengarahan bagaimana menggunakan pakaian yang benar (dokemen penawarrejo.desa.id – photo by suyanto).

Sebagai mana disampaikan oleh bapak babinkamtibmas adapun tugas dari Linmas yang lainnya adalah membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam Harkamtibmas, serta perbantuan TNI dalam mempertahankan negara.

Selain memberikan Pengarahan tentang fungsi dan tugas Linmas bapak Brigpol I Made Julianta juga memberikan pelatihan bagaimana cara yang benar dalam menggunakan pakain dan atibut Linmas serta fungsi dari masing masing atribut tersebut karena selama ini anggota linmas belum memahami dengan betul fungsi-fungsi atribut tersebut.

Bapak Made dan bapak Abunawan memberikan pemahaman tentang fungsi penggunaan atribut dan tata letaknya (dokumen penawarrejo.desa.id – photo by suyanto).

Sebelum acara terebut selesai masih adalagi pelatihan yang harus anggota linmas lakukan yang dipimpin oleh bapak Abunawan yaitu tentang bagaimana cara melaksanakan pasukan baris berbaris (PBB), diantaranya bagaimana gerakan yang benar ketika hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, serong kanan dan serong kiri ketika masih dalam posisi barisan agar benar – benar serentak dan tidak acak -acakan, selain itu juga bagaimana gerakan yang benar ketika memberikan penghormatan dan ketika barisan dibubarkan.

Cara sikap sempurna saat dalam barisan ( photo by suyanto).
Cara melaksanakan gerakan hadap kanan-kiri, serong kanan-kiri dan balik kanan (photo by suyanto).
Pengarahan bagaimana posisi tangan ketika sikap penghomatan (photo by suyanto).

Akhirnya kegiatan tersebut pun selesai pada pukul 17.00 wib dan kembali pelatih mengingatkan tetang tugas dan fungsi linmas serta anggota linmas dapat berlatih dirumah sendiri bagaimana melaksanakan pasukan baris-berbaris yang sudah dipraktekan tadi kata bapak Brigpol I Made Julianta.

Kegiatan tersebut pun berjalan dengan tertib, seluruh peserta sangat serius dan antusius saat mengikuti pelatingan tersebut.(sya).

Praktik posisi sikap saat sedang istirahat ditempat (photo by suyanto).
Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan