Kegembiraan Ibu – ibu PKH Terpancar Dalam Pelatihan P2K2.

Keceriaan Ibu - ibu Peserta PKH ketika Foto Bersama Pendamping PKH Setelah Penyampaian Materi P2K2 (Dokumentasi, PKH)

Penawarrejo.desa.id | Kegiatan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2)  yang dilaksanakan di Balai Kampung Penawar Rejo merupakan salah satu program pelatihan wajib dari Kementrian Sosial yang difasilitatori oleh Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Pada kegiatan hari ini ada 4 orang pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang hadir, diantaranya Bapak Subeno Arif  Wibowo, Mpd.Si, Sri Rohana Manalu, S.Pd, Rahayu Ning Tyas, S.Pd dan Eti Aspana, S.Pdi beserta Ibu-ibu peserta PKH di Kampung Penawar Rejo sebanyak 17 orang. Adapun materi yang disampaikan oleh pendamping kepada ibu-ibu peserta PKH adalah tentang Pengasuhan dan Pendidikan Anak.

Pendamping PKH Sri Rohana Manalu, S.Pd sedang menjelaskan tentang peran serta orang tua terhadap anak.

Pelaksanan kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan terlihat ibu-ibu peserta PKH sangat antusias baik dalam mendengarkan maupun berbagi cerita tentang bagaimana pengalaman mereka mendidik anak mulai dari balita, PAUD, SD, SMP dan SMA. Dari sharing pengalaman ini, membuka wawasan ibu-ibu tersebut bahwa peran orang tua sangatlah besar dalam pembentukan karakter anak. Karena pendidikan itu dimulai dari keluarga, baik buruknya anak bergantung bagaimana sikap dan perilaku orang tua di dalam keluarga.

Pendamping PKH sedang Menyampaikan Materi P2K2.

Disela-sela penyampaian materi, pendamping mengadakan permainan pesan berantai agar ibu-ibu tidak bosan dan tetap fokus. Dan siapa yang salah dalam menyampaikan pesan akan menari bersama-sama. Dari permainan tersebut pendamping menyimpulkan bahwa bermain itu sangat baik untuk menghilangkan kejenuhan, jadi sebagai orang tua harus menyediakan waktunya bermain dengan anaknya untuk meningkatkan rasa sayang dan perhatian kepada anak.

Pendamping Sri Rohana Manalu, S.Pd Saat Menjelaskan agar orang tua lebih dekat dengan anaknya.

Meningkatkan pemahaman akan pentingnya menjadi orang tua yang lebih baik dalam keluarga serta dapat memahami sikap dan perilaku anak merupakan tujuan dari pelaksanaan P2K2 pada hari ini. Semoga pada pertemuan P2K2 selanjutnya dapat terlaksana dengan lebih baik lagi.