PELAKSANAN KEGIATAN GREBEK STUNTING

BAYI DAN BALITA MENDAPATKAN VITAMIN A DAN OBAT CACING SECARA GRATIS

 

penawarrejo.desa.id  Selasa 2/2/21 kementrian Kesehatan telah menetapkan Bulan Kapsul Vitamin A jatuh pada bulan Februari dan Agustus pada tahun ini pemerintah kabupaten tulang bawang melalu dinas kesehatan akan memberikan kapsul vitamin A kepada bayi dan balita  secara gratis melalu puskesmas dan teruskan lewat posyandu yang ada di wilayah perdesaan.

Pada hari ini selasa tanggal 2/02/2021 posyandu Sekar ayu  yang ada di wilayah desa penawar Rejo kecamatan Banjar Margo kabupaten tulang bawang, yang menjalan kan program pembagian vitamin A dan obat cacing secara gratis.

Lamsihar  salah seorang bidan yang ditugaskan di Desa penawar rejo mengatakan bahwa kegiatan pemberian vitamin A dan obat cacing secara bertahap dengan jangka waktu 6 bulan sekali, di bulan pertama pada bulan Februari dan pada bulan  Agustus mendatang.

Bidan desa di bantu  oleh tim khusus dari Puskesmas yang ada di wilayah kecamatan Banjar margo kabupaten tulang bawang,  untuk memperhatikan gizi serta memberikan vitamin A kepada bayi dan balita usia 6-59 bulan untuk memberikan pemahaman Tetang sunting 

“Kekurangan Vitamin A pada anak akan bisa meningkatkan resiko anak menjadi rentan terkena penyakit apalagi dikala musim penghujan seperti saat ini, serangan penyakit biasanya terjadi pada infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare serta batuk dan demam, serta kami juga memberikan obat cacing kepada balita usia 1 tahun sampai 5 tahun.

Tujuan kami memberikan obat cacing  pada anak yang sudah berumur diatas 1 tahun, diantaranya bergunanya untuk membasmi berbagai jenis cacing dalam tubuh anak dan juga bisa mengurangi kondisi stunting pada anak.( Ujar bidan desa )

Di bulan februari tahun 2021  ada dua kapsul vitamin A  yang diberikan kepada bayi dan balita yaitu kapsul yang berwarna biru diberikan untuk bayi yang berumur 6-11 bulan dan kapsul merah diberikan untuk anak umur 12-59 bulan, kapsul ini penting diberikan karena dengan adanya kecukupan vitamin A akan bisa membantu anak dalam membentuk daya tahan tubuhnya dan juga dalam segi kesehatan penglihatannya, ujar dokter Angga yang di tugaskan dari pihak puskesmas

Dokter Angga juga memberikan pemahaman   kepadao tua yang mempunyai bayi dan balita selain pemberian suplement vitamin A sebaiknya juga tetap didukung dengan asupan makanan yang mengandung vitamin A.

Untuk mendapatkan kapsul vitamin A ini bisa diperoleh gratis di Posyandu atau puskesmas terdekat setiap bulan Februari dan Agustus.

Bidan desa Lamsihar  berharap kepada warga penawar Rejo terutama orang tua yang mempunyai bayi dan balita untuk selalu mengecek anak nya pada hari hari posyandu. 2/2/2021

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan