Patroli Keamanan Sekolah SMPN 1 Banjar Margo

Pasukan Patroli Keamanan Sekolah saat sedang latihan untuk mendapatkan tempat dari hasil seleksi yang sedang dilaksanakan.

penawarrejo.desa.id | Patroli Keamanan Sekolah atau sering disebut dengan PKS adalah organisasi yang ditugaskan untuk menjaga kondisi dan keamanan sekolah sesuai dengan norma yang berlaku dan tidak mengedepankan senioritas tetapi mengutamakan kekeluargaan.

Dalam menjalankan tugasnya PKS SMPN 1 Banjar Margo Bekerja sama dengan pihak Polres Tulang Bawang, setiap tahunnya akan selalu diadakan reorganisasi dan pada tahun ini sejak bulan febuari lalu diadakan seleksi kembali dengan formasi yang baru,

Pengarahan Anggota Polres Tulang Bawang tentang Tugas dan Fungsi PKS.

Adapun tugas utama dari PKS adalah;

  1. Ikut serta aktif membantu tugas polisi dalam menyelenggarakan, menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban di interen sekolah masing-masing, sehingga terwujud ketentraman yang dinamis antara guru dan siswa guna mendukung proses belajar mengajar.
  2. Membantu tugas polisi dalam penyelengaraan pengaturan Lalu lIntas di jalan raya / umum disekitar lingkungan sekolah masing-masing, terutama membantu penyebarangan jalan bagi pejalan kaki yang mau menyebrang.

Fungsi PKS adalah;

  1. Segala usaha kegiatan untuk melindungi dan mengamankan sekolah guna mendukung proses belajar mengajar.
  2. Segala usaha kegiatan untuk melindungi dan mengamankan penguna jalan khususnya para pelajar yang mau menyeberang.

Peran PKS adalah Membantu Kepala Sekolah / Guru di tempat dia sekolah dalam bidang pengamanan dan ketertiban sekolahnya.

Peserta seleksi saat sedang melaksanakan latihan baris berbaris.

Dalam seleksi kali ini pihak Polres Tulang Bawang datang dan turun langsung dalam melilih atau menseleksi Pasukan Patroli Kemanan Sekolah ini, dari 33 peserta seleksi akan dipilih 20 peserta saja sedang hari pelaksanaan seleksi ini setiap hari sabtu sekaligus sebagai salah satu kegiatan extrakulikuler yang ada di SMPN 1 Banjar Margo.