Hujan Melanda Kampung Penawar Rejo

Genangan air yang memauki pekarangan warga karena beberapa gorong-gorong yang tersumbat (doc. Dimas Kurnia photo by Dimas Kurnia).

Penawarrejo.desa.id, 12 Desember 2017 Sejak beberapa hari ini kampung Penawar Rejo dan sekitarnya di guyur hujan lebat. Padahal beberpa minggu sebelumnya cuaca panas melanda di kampung Penawar Rejo dan sekitarnya hingga suhu mencapai 38 derajat Celcius. dengan suhu yang begitu tinggi tersebut merupakan penanda atau transisi sebelum memasuki musim penghujan dari musim panas.

Di beberapa wilayah kampung Penawar Rejo bila sudah memasuki musim penghujan banyak sekali genangan air karena sistem darinase yang kurang baik (doc. Dimas Kurnia photo by Dimas Kurnia).

“Masa transisi itu hujannya singkat, dampaknya ada genangan atau banjir sesaat. Selain itu ada petir, berikutnya adalah angin kencang,”. Dan dimasa ini pula warga di himbau untuk menjaga kondisi kesehatannya karena perubahan cuaca ini warga akan rentan di serang penyakit. bukan hanya Manusia yang terkena dampaknya bahkan ada beberapa ekor tenak warga yaitu ayam sudah ada yang mati karena perubahan cuaca ini.

“Kita sebagai warga masyarakat waspada meski mungkin dianggap kecil namun risiko bencana bisa terjadi kapan saja terjadi. Maka sebaiknya kita mari bersama sama membersihkan parit agar air bisa mengalir dengan lancar, ranting pohon yg sudah rimbun mulai di kurangi/pangkas agar tidak membahayakan sewaktu angin kencang saat bersamaan hujan.

Komentar Facebook

2 thoughts on “Hujan Melanda Kampung Penawar Rejo

Tinggalkan Balasan