Merajut Asa Membangun Kampung / Desa Wisata Keluarga

Penawarrejo.desa.id | Desa wisata akhir-akhir ini sering sekali dipromosikan sebagai sebuah alternative berwisata di Indonesia dan juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan masyarakat dari sektor pariwisata.

Hal ini juga dikaitkan dengan salah satu kebijakan pemerintah Indonesia yang mengembangkan pembangunan dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan yang merupakan salah satu agenda dari Nawacita dari Presiden Joko Widodo.

Waterboom Tirta Garden

Sebagai sebuah asset yang penting, pembangunann di Desa mendapatkan perhatian yang penting dari pemerintah salah satunya dengan mengeluarkan UU no 6/2014 tentang Desa yang memberikan kewenangan yang lebih besar bagi masyarakat di desa untuk membangun wilayahnya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di desa untuk kegiatan pariwisata.

Keberagaman dan keunikan sumber daya alam di Indonesia yang banyak berada di wilayah pedesaan mendorong tumbuhnya destinasi-destinasi baru yang terletak di wilayah pedesaan sehingga menciptakan diversifikasi sumber pendapatan dan pekerjaan bagi masyrakat di pedesaan (Damanik, 2009).

Pemandian dan Kolam Renang Dwi Puspa

Hal ini juga di picu dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan gaya hidup milenial yang kemudian membantu memviralkan jika menemukan sebuah obyek wisata baru yang bagus atau “instagramable” yang kemudian merangsang rasa penasaran orang-orang untuk langsung datang dan menyaksikannya sendiri.

Dengan acuan tadi kampung Penawar rejo ingin berkomitmen mengembangkan desa wisata yang pada akhirnya nanti bisa meningkatkan perekonomian masayrakat, dan akan meningkatkan pendapatan keluarga yang ada di kampung Penawar rejo.

Pemancingan Temon

Kepala kampung saudara Mulyoto saat ini sedang memperjuangkan arah wisata yang bagaimana yang akan menjadi icon bagi kampung, sehingga kampung penawar rejo makin di kenal oleh masyarakat kabupaten Tulang bawang Lampung terlebih lagi bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Saat ini objek wisata keluarga yang ada di kampung Penawar rejo masih belum banyak diantaranya ada waterboom tirta garden, pemandian dan kolam renang Dwi Puspa, dan pemancingan temon. tetapi tiga wisata ini belum mampu untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sehingga kepala kampung ingin mengembangkan lagi supaya.

Kolam Pemancingan Temon

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan