MENCARI SOLUSI PENGHASILAN DARI POHON SAWIT YANG SUDAH TIDAK PRODUKTIF

MEMANFAATKAN POHON SAWIT PENGHASIL AIR NIRA (LEGEN)

Penawarrejo.desa.id

Minggu 20/10/19…. Warga agung jaya kecamatan banjar Margo kabupaten tulang bawang Lampung mempunyai ide kreatif untuk memanfaat kan pohon sawit yang sudah tidak produktif lagi untuk menghasil kan air nira sawit / legen untuk membuat gula merah dan minuman segar Tampa pemanis buatan.

Awal mulanya bapak kuswin ini adalah pekerja buruh serabutan yang ada di kampung agung jaya, ketika itu beliau melintas di suatu perkebunan sawit yang tidak jauh dari rumahnya sedang di rombak atau di tumbangkan karna sudah tidak produktif lagi. Ketika itu juga bapak Kus ini berfikir gimana caranya pohon sawit ini bisa menghasilkan penghasilan yang membantu kebutuh sehari hari.

Hari berikutnya bapak Kus ini mencoba membersihkan dahanya lalu memotong ujung batang pohon sawit yang sudah tumbang untuk di bersihkan supaya bisa mengeluarkan air nira/ legen.

       Gambar. Tetesan air nira sawit

Usia pohon sawit yang bisa mengeluarkan air nira/legen kurang lebih dua bulan dan dalam satu pohon sawit bisa mengeluarkan 5-6 liter air nira. Dalam satu hari bapak Kus bisa mengambil air nira sekitar 85 – 100 liter dalam satu hari dari 20 batang pohon sawit.

Mungkin ide kreatif ini bisa bermanfaat untuk kita semua mencoba mencari penghasilan dari pohon sawit. Apalagi mengingat mayoritas perkebunan sawit yang ada di wilayah tulang bawang sangat luas. dalam arti pohon sawit yang sudah tidak produktif lagi untuk buah.Karna selain menghasil buah, Pohon sawit ini bisa menghasilkan air nira yang di kelolah menjadi gula merah dan bahan kecap.

 

Vidio proses pengambilan air nira sawit

 

 

Tinggalkan Balasan