Memperingati hari pendidikan nasional

Pembina upacara hardiknas yang di laksanakan oleh Bapak I Made Adnyana Minta

penawarrejo.desa.id | Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1989.

Tiga guru wanita sebagai petugas pengibar bendera

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.

Bapak Marsono sebagai peminpin upacara hardiknas.

Selasa 2 mei 2018 kemarin SMP N 1 Banjar Margo memperingati Hardiknas, lain dari upacara pada hari-hari biasa sebelumnya kali ini para petugas upacara adalah para guru dimana pemimpin upacara ini di laksanakan oleh bapak Marsono, S.pd, sedang kan pembinanya adalah wakil kepala sekolah yaitu Bapak I Made Adnyana Minta, S.Pd, dan petugas benderanya adala para ibu guru yang cantik-cantik. hal ini ingin membuat perbedaan dimana para guru ingin memberikan contok kepada murid-muridnya bagaimana menghargai bahawa pendidikan sangatlah penting.

Pelaksanaan Upacara berjalan dengan lancar walaupun bukan kegiatan rutin guru.

Seperti yang di ungkapkan pembina upacara kenapa kita mempringati hari ini tidak lain adalah kita mengenang bagaimana perjuangan pahlawan pendidikan H. Ki Hajar dewantara dalam memperjuangan pendidikan Masyarakat Indonesia di jaman itu, dimana saat itu pendidikan masyarakat sangatlah kurang dan beliau berjuang agar masyarakat mengerti pendidikan adalah hal yang sangat penting. apa lagi di jaman sekarang jika kita tidak menghargai pendidikan maka kita akan tertinggal oleh negara lain dan kita akan semakin terjajah.

Mudah-mudahan gelaran Hardiknas 2018 ini menjadi pemicu meningkatnya kualitas pendidikan kita, utamanya dari segi akhlak dan karakter anak-anak kita, juga perbaikan untuk kesejahteraan para pelaku pendidikan di negeri ini.