Lomba Siskamling Tulang Bawang

Warga RT 2 Suku 4 Menyambut kegiatan Lomba Siskampling yang di adakan oleh Polres Tulang Bawang. (dokumen penawarrejo.desa.id)

penawarrejo, 22 Febuari 2018 | Dalam rangka Cipta Kondisi Menjelang Pemilu pemilihan Kepala Daerah (PILKADA)  serentak tahun 2018 Polres Tulang Bawang mengadakan lomba Siskampling, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisispasi masyarakat dalam rangka menciptakan kondisi Kamtibmas menjelang pemilukada tahun 2018. perlombaan ini dimulai tanggal 21 febuari 2018 di dua kabupaten yaitu Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat.

Warga bekerja membenahi Pos ronda di masing masing Lingkungan photo di atas kondisi sebelum di rehab (dokumen penawarrejo.desa.id).
Kondisi Pos ronda RT 2 RK 4 setelah dilakukan renofasi dan pembenahan terlihat lebih nyaman untuk di tempati. (dokumen penawarrejo.desa.id).

Kriteria penilaian dalam perlombaan ini adalah kelengkapan pos ronda, keaktifan masyarakat dalam pelaksanaan ronda, peran serta masyarakat dalam pelaksanaan siskamling dan lain-lain. Perlombaan ini akan diadakan selama satu tahun berjalan dan pemenangnya akan di umumkan secara bertahap.

Warga yang yang berada di RK 2 pun turut serta melakukan pembenahan Pos rondanya (dokumen penawarrejo.desa.id).

Warga kampung Penawar rejo sangat menyambut kegiatan ini terbukti dengan keaktifan warga saat membenahi pos ronda di masing-masing RT supaya lebih baik dan rapi agar warga yang saat ronda merasa nyaman menempatinya, kegiatan perbaikan dan pembenahan pos ronda ini yaitu dengan membersihkan tempat pos mengacat kembali warna pos yang sudah pudar, memberi penerangan yang cukup dan lain sebagainya.

Warga di RT 1 RK 4 juga secara swadaya membenahi lingkungan pos ronda dan mengecat kembali (dokumen penawarrejo.desa.id).

Kepala Kampung Penawar rejo saudara Mulyoto saat di temui pewarta mengatakan “awalnya belia di kasih kabar oleh Babinkamtibmas Brigpol I Made Julianta bahwa terhitung mulai tanggal 25 febuari 2018 nanti Kampung Penawar rejo menjadi salah satu peserta dalam kegiatan lomba siskampling ini dan beliau menghimbau agar semua warga aktif melaksanakan siskamling di lingkungannya masing masing dan beliau memerintahkan untuk ketua RT dan RW untuk melengkapi keperluan pos ronda di lingkunganya tersebut dan berharap kampung Penawar rejo bisa menunjukkan bahwa kampung kita bisa menjadi yang terbaik”.

Selain memberikan Perintah Langsung melalui ketua RT dan RW bapak Kepala Kampung pun memberikan kabar tersebut melalui group WA yang dibuat untuk memberikan kabar kepada warganya. (dokumen penawarrejo.desa.id).

Hal senada juga di ungkapkan oleh Babinkamtimas Penawar rejo Brigpol I Made Julianta saat berkunjung di Pos ronda tempat pewarta saat sedang berjaga selain apa yang diharapkan oleh kepala kampung beliau berpesan agar setiap pos dilengkapi dengan Jadwal ronda warga, lalu ada buku mutasi ronda dan buku daftar hadir setiap warga yang hadari maupun tidak hadir. Beliau berharap untuk warga yang tidak hadir tanpa keterangan pada saat jadwal rondanya agar di berikan sanksi ini supaya warga diberi efek jera karena kegiatan ronda ini bukan hanya untuk kepentingan satu dua orang saja tetapi kegiatan ronda ini adalah untuk kepetingan bersama warga agar merasa nyaman dan aman lingkungannya.