Kunjungan kerja dirjen transmigrasi Kemendes PDTT untuk survei bidang transmigrasi

Kunjungan kerja dirjen transmigrasi dari kemendes PDTT dalam rangka survei.

penawarrejo.desa.id | Kunjungan kerja direktorat jendral pembinaan kawasan transmigrasi Kementrian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi / kemendes PDTT pada hari kamis 5 april 2018.

Hadir dalam kunjungan tersebut Bapak Hartono utusan dari kemendes PDTT yang di dampingi oleh dinas transmigrasi provinsi Lampung Bapak jhon dan dinas transmigrasi kabupaten Tulang Bawang Bapak Sumadi, kehadiran beliau disambut baik oleh kepala kampung Penawar rejo Bapak Mulyoto, Juru Tulis saudara Purwadi E.F dan segenap jajaran Aparatur kampung Penawar rejo, tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan beberapa survei yang terkait dengan pengembangan daerah transmigrasi baik terkait dengan sertifikat dan tanah fasilitas umum.

Bapak Hartono berbaju biru dari dirjen transmigrasi kemendes.

Beberapa pertanyaan survei yang di ajukan oleh bapak Hartono yang pertama yaitu dari penduduk transmigrasi yang ada apakah pemilik sertifikat masih orang pertama, kedua : apakah ada warga transmigran yang belum menerima sertifikat, dan yang ketiga berapa luas tanah fasilitas umum yang masih ada.

Kepala kampung beserta jajaranya menjawab beberapa survei yang di ajukan oleh bapak hartono.

Dari pertanyaan survei tadi kepala kampung pun menjawab bahwa pemilik setifikat transmigrasi sudah 80 % lebih bukan pemilik pertama dikarenakan sudah ada yang dijual dan diwariskan kepada anak-anaknya karena pemilik pertama sudah banyak yang meninggal, lalu untuk warga transmigran yang belum memiliki / menerima sertifikat sepengetahuan kepala kampung tidak ada, kemudian tanah falilitas kampung yang dimiliki kampung saat ini selain tanah milik sekolahan diantaranya tanah kuburan seluas 2 Ha, tanah lapangan seluas 1 Ha dan tanah Masjid seluas 1 Ha. ini dikarenakan tanah fasilitas umum sudah beralih fungsi menjadi hak milik perorangan.

Para rombongan dari dijen transmigrasi kemendes.

Menurut Bapak Hartono Kabupaten Tulang Bawang khususnya Kampung Penawar Rejo termasuk daerah transmigrasi yang sukses dalam program transmigrasi. Pasalnya dari hasil evalusinya, para warga trasmigran sebagian besar telah mampu mandiri dari usaha pertanian dan perkebunannya. Selain itu, fasilitas penunjang lainnya seperti puskesmas dan fasilitas sekolah juga telah tersedia di kawasan ini. “Saya sangat kagum dengan perkembangan yang dialami warga transmigrasi di kampung ini selain bidang pertanian dan perkebunan yang terus mengalami peningkatan, fasilitas lainnya yang ada, seperti listrik juga sangat memadai”.