KUNJUNGAN DPR RI, KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PRIKANAN BERSOSIALISASI TENTANG (GERMAIKAN)

SAFARI GEMARIKAN (Gerakan masyarakat makan ikan) DI WILAYAH KECAMATAN BANJAR MARGO KAB.TULANG BAWANG 

 

PENAWARREJO.DESA.ID (SiDeKa) Anggota Komisi IV DPR RI bersama jajaran pemerintahan pusat , provinsi Lampung dan kabupaten tulang bawang  mengkampanyekan kemasyarakat yaitu GEMARIKAN ( gerakan masyarakat gemar makan ikan ) untuk mencegah ke kerdilan atau stanting akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang dan gizi buruk di kabupaten tulang bawang, khusus nya di provinsi Lampung. Jum’at 18/06/2021

Acara ini di gelar di aula balai kampung penawar Rejo kecamatan Banjar Margo kabupaten tulang bawang Lampung yang di hadiri oleh beberapa kampung yang ada di kecamatan Banjar Margo, dan itu pun terbatas untuk para undangan karna keadaan situasi masih pandemik covid.

Dalam Safari gerakan masyarakat makan ikan ( GEMARIKAN ) ini di hadiri oleh anggota DPR RI  Ir. Hanan A Rozak M.S , Dirjen kementerian perikanan dan kelautan Dr. Trisna Ningsih M.Si , kepala dinas perikanan dan kelautan provinsi Lampung Yuliana,  Perwakilan bupati Tulang bawang Asisten II Ir.fery yuledi MM.MT  dan kepala dinas perikanan kabupaten tulang bawang Akmal SE.


Gemarikan merupakan program pemerintah sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekaligus menjadi media untuk mengajak masyarakat agar suka makan ikan terutama bagi ibu-ibu hamil, ibu menyusui dan anak anak . Itu untuk mencegah ‘stunting’ (kekerdilan) dan gizi buruk provinsi Lampung.

Bapak Ir Hanan A Rozak selaku anggota DPR RI komisi IV , Ia menjelaskan ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh dan untuk pertumbuhan anak-anak, seperti omega-3, protein tinggi, kalsium sangat baik untuk kecerdasan dan ketahanan tubuh anak. Dan selain itu juga ikan baik di konsumsi oleh ibu ibu hamil dan bapak bapak supaya setamina tetap prima dan kuat menghadapi kenyataan hidup ” tandas nya.

Ia berharap, program Gemarikan sebagai sarana edukasi bahwa produk ikan tidak hanya berupa ikan basah tetapi olahan ikan, seperti ikan teri, kerupuk ikan , abon ikan dan masih banyak olahan ikan lainya.
Karena di wilayah tulang bawang dan khususnya di provinsi Lampung banyak yang penghasilannya dari ikan, dari ikan laut mau pun ikan tawar.


Dalam acara safari gemarikan ini para tamu undangan dari beberapa desa mendapat bingkisan berupa olahan ikan, dari ikan laut dan ikan tawar seperti kerupuk ikan gabus,ikan teri kering, ikan sarden, abon ikan lele, stik ikan pari dan lain lain.

Semoga saja adanya kegiatan safari GEMARIKAN di daerah tulang bawang bisa membawa hal yang positif bagi masyarakat. 18/006/2021

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan