Kunjungan Dinas Ketahanan Pangan Lampung

Dinas Ketahanan Pangan Bapak Budi Suryanto mengunjungi lahan tempat ditanamnya terong buah KWT Berkah Mandiri. (dokumen penawarrejo.desa.id photo by Endang suryani)

penawarrejo.desa.id | Selasa 6 febuari 2018 kelompok tani wanita (KWT) Berkah Mandiri kampung Penawar rejo kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang mendapat kunjungan Dinas Ketahanan Pangan dari Provinsi Lampung yang di dampingi oleh Dinas ketahan pangan Kabupaten Tulang Bawang. Kunjungan ini untuk melihat sejauh mana kelompok tani wanita berkah mandiri ini dengan kegiatannya dan bagaimana perkembangannya.

Bapak Budi Supriyanto dan Bapak Sutikno saat menjelaskan kepada KWT Berkah Mandiri tentang Pemanfaatan Lahan Pekarangan. (dokumen penawarrejo.desa.id)

Kunjungan ini juga bertujuan untuk memaksimalkan lahan pekarangan warga yang tidak terpakai agar dapat di olah dengan berbagai tanaman yang dibutuhkan sehar-hari melalui program kawasan rumah pangan lestari tahun 2018. Selain lahan yang tadinya kosong bisa menjadi produktif dan dapat bermanfaat memenuhi kebutuhan rumah tangga maupun kelompok lingkungan, dengan diolahnya lahan ini pekarangan yang tadinya tidak terawat bisa menjadi bersih, indah dan bermanfaat.

Ibu-ibu KWT menyambut baik dengan kehadirian Dinas Ketahan Pangan ini karena mendapatkan ilmu tentang pemanfaatna lahan pekarangan (dokumen penawarrejo.desa.id)

Program kawasan rumah pangan lestari ini adalah program yang dibuat oleh pemerintah agar dapat dilaksanakan di setiap kampung yang ada di lampung. program ini akan dapat terlaksana dengan adanya peran serta dan partisipasi dari masyarakat. dalam kunjungannya Bapak Budi Supriyanto menyampaikan tentang bagaimana mengoptimalkan bagaimana pemanfaatan lahan pekarangan melalui KRLP yang pertama adalah bagaimana warga dapat memenfaatkan lahan pekarangannya menjadi sumber pangan dan gizi, kedua meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran dan partisipasinya untuk mewujudkan pola konsumsi yang bergizi seimbang dan aman.

Ibu-ibu KWT berkah mandiri sempat berfoto sesaat sebelum kehadiran Dinas Ketahanan Pangan dari Provinsi Lampung (dokemuen penawarrejo.desa.id)
Antusiasme ibu-ibu KWT