Kegiatan rutin remaja islam masjid kampung penawar rejo

Kegiatan risma di masjid Al Mu'minun

Ikatan Remaja Masjid (RISMA) Al Mu’minun adalah organisasi remaja muslim yang memiliki ke-terikat-an dengan masjid, karena itu perlu menghadirkan dan menetapkan program kerja yang disepakati bersama yang berorientasi pada kegiatan-kegiatan keremajaan dan kemasjidan.

Program-program yang disusun diharapkan dapat memenuhi kebutuhan anggota dalam menda’wahkan islam, menambah kemakmuran masjid serta bermanfaat bagi remaja itu sendiri dan masyarakat sekitarnya. Selain itu diharapkan mampu meningkatkan keimanan, keilmuan dan keterampilan remaja muslim dilingkungan masjid Al Mu’minun di Kampung Penawar rjo Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang, guna  mencapai tujuan organisani yakni : “Terbinanya remaja islam yang beriman, berilmu dan beramal shalih dalam rangka mengabdi kepada Allah untuk mencapai keridhaan-NYA “.

Seni Hadroh sebagai salah satu kegiataan rutin risma sebelum memulai kegiatan lainnya.

Program kerja ikatan remaja masjid (RISMA) Al Mu’minun pada dasarnya merupakan amanah organisasi yang harus dilaksanakan bersama oleh pengurus dan anggota sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Semua yang berada dijajaran pengurus dan anggota harus ikut berpartisipasi guna menjalankan dan mensukseskan segala program yang sudah disepakati bersama. Karena itu, dinamika kegiatan Risma sangat dipengaruhi oleh pengurus dan anggota dibantu oleh lingkungan masyarakat sekitar dalam mewujudkannya.

Risma Almu’minun merupakan organisasi independen yang beranggotakan para pemuda yang berdomisili di kampung Penawar rejo, Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Organisasi ini sempat vakum dalam beberapa tahun, hingga pada tahun 2017 lalu organisasi ini membentuk kepengurusan lagi atas dukungan para remaja, warga serta pengurus RW dan RT setempat.

Kegiatan Pembacaan Yasin dan Tahlil menjadi agenda rutin Risma.

Mernurut Ketua Risma saudara Ginanjar menyebutkan pembacaan Yasin dan Tahlil yang menjadi agenda rutin bakal bertempat di Masjid Al Mu’minun dan rumah-rumah Anggota risma kampung Penawar rejo, secara bergiliran.

Bagi Risma, kegiatan ini merupakan bagian dari aktivitas yang sejak lama dilakukan secara turun temurun. Selain mengandung unsur ibadah, kegiatan ini juga dinilai sebagai sarana mempererat hubungan emosional dan silaturahim para remaja di kawasan tersebut. Organisasi ini juga menjadi wadah yang menampung aspirasi pemuda dan masyarakat untuk kemudian menganalisanya dan memcahkan berbagai persoalan sosial khususnya yang berkembang di lingkungan sekitar.

Do’a menjadi kegiatan penutup dari acara tersebut.

Di samping itu secara langsung bertujuan memberikan ruang bagi para remaja untuk belajar mengaktualisasikan berbagai teori/konsep dalam bentuk program dan kegiatan di butuhkan masyarakat. Program kerja yang telah direncanakan berkaitan dengan kepemudaan, keagamaan, dan kemasyarakatan. “Kami yang muda berkarya, yang tua bantu doa dan merestui,”.

Dengan usaha yang terencana, teratur, terus menerus dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab serta dengan berharap pertolongan dari Allah, mudah-mudahan semuanya berjalan dengan harapan kita bersama.Sebagai penutup, marilah dengan niat mengabdi hanya kepada Allah kita laksanakan program kerja ini dengan penuh tanggungjawab, mudah-mudahan Allah meridhai apa yang kita lakukan dan memberi kemudahan dalam melaksanakannya…amin.

Komentar Facebook