Forum sideka Banjar Margo mengimbau masyarakat untuk berinternet sehat

materi tentang bagaimana cara mengellola media sosial agar aman dan sehat.

Penawarrejo.desa.id | Bertempat di balai kampung Purwajaya forum sideka banjar margo yang berkolaborasi dengan Relawan TIK Tulang Bawang menggelar bimtek bagi pandu-pandu desa yang ada di wilayah banjar margo dalam penggunaan Internet sehat. Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT atas suksesnya bimtek internet sehat di kampung Penawarjaya tanggal 5 september 2018 kemarin. Walaupun persiapan yang panitia lakukan tidak banyak waktunya, tapi memang sangat sebanding dengan hasil yang kami capai saat bimtek berlangsung.

Kiri Dana Putra Yuda sebagai Nara sumber dalam bimtek internet sehat.

Bimtek ini menghadirkan narasumber yang luar biasa seperti Pandu desa yang saat ini lagi naik daun dikancah nasional yaitu saudara Dana Putra Yuda yang setiap kata-katanya selalu bisa menghipnotis setiap yang mendengarkannya.

Kenapa kami mengusung tema Internet Sehat pada seminar kali ini? Banyak sekali alasannya. Seperti yang sudah kita ketahui, Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak usia  sekolah, baik di kota kecil maupun di kota besar. Mereka inilah yang dikenal sebagai generasi  digital native , generasi yang sejak lahir  sudah terbiasa menggunakan perangkat digital seperti telepon genggam, komputer, dan lain-lain. Akses  internet pun sekarang dapat dengan mudah didapatkan, baik melalui komputer di rumah atau sekolah maupun dengan perangkat gadget mobileyang dengan mudah dibawa kemana saja.

Berdiri Relawan TIK kampung Purwajaya saat membantu teman teman lainya.

Banyak hal positif yang bisa didapatkan dengan memanfaatan internet secara positif, sebut saja berbagai ilmu pengetahuan yang tersedia situs-situs seperti wikipedia, edukasinet, chem-is-try dan sebagainya, Selain surat elektronik (e-mail), instant mesengger, saat ini media untuk bersosialisasi berkembang di internet seperti jejaring sosial (Facebook), blog, situs berbagi video (Youtube), micro-blogging (Twitter) dan masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya. tetapi kita tidak bisa memungkiri ada hal-hal yang negatif yang terdapat di internet seperti perjudian, pencurian data, pornografi, penipuan, cyber-bullying dan sebagainya. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat memaksimalkan pemanfaatan internet positif dan meminimalkan dampak negatif dari internet?.

Sekar wisnhu operator sideka kampung Purwajaya.

Kegiatan ini diawali bertujuan agar pandu-pandu desa yang ada di kecamatn Banjar Margo dapat memahami lebih jauh bagaimana mendapatkan manfaat dari internet secara optimal sekaligus meminimalisir dampak negatif yang dapat ditimbulkannya yang kemudian bisa di terapka di kampung masing masing.

Terima kasih untuk seluruh panitia dan peserta bimtek semoga dengan kegiatan ini bisa berdapak baik bai jiwa-jiwa kita yang dapat kita terapkan di masyarakat.

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan