DESA KU BERAGAM SUKU,AGAMA DAN BUDAYA

Desa penawar rejo bermacam macam suku, agama dan budaya**


Inilah desa kami… ( desa penawar rejo)…Desa yang terletak tidak jauh sekitar 2 Km dari pusat pembelanjaan tradisional yaitu pasar tradisional unit 2 dan berjarak 189 Km dari ibu kota Provinsi Lampung yaitu Bandar Lampung.

Berbagai macam- macam suku, Ras,  Agama  dan Budaya saling berdampingan menunjukan bahwa kita saling menghormati satu sama lainnya menjujung tinggi kebersamaan demi menciptakan kerukunan umat beragama, seperti yang tertuang dalam pancasila sila 3 Persatuan Indonesia.

Bahkan warga kampung penawar Rejo sendiri merasa bangga dengan adanya bermacam macam agama atau tempat ibadah yang ada di kampung kami. Dan mungkin beda dari kampung-kampung lain yang ada di kecamatan Banjar Margo, kabupaten tulang bawang.

Tempat – tempat ibadah yang ada di kampung penawar Rejo kecamatan Banjar Margo

1.. masjid Al mu’minun

Gambar.masjid AL – MU’MINUN

Masjid Al mu’minun ini berdiri sejak tahun 80 an dan beberapa perombakan dilakukan oleh panitia pembangunan masjid. Masjid ini pusat tempat ibadah umat muslim yang berada sekitar masjid atau masyarakat luar terlihat pada saat hari Jum’at. Saat sedang melakukan sholat Jum’at.

2.. gereja katolik

Gambar. gereja katolik santo Yusuf pekerja

Gambar. gereja katolik santo Yusuf pekerja

Gereja katolik ini berdiri sejak tahun 90 an, gereja ini pusat tempat umat Katolik melakukan ibadah misa setiap hari Minggu. Dan gereja Katolik Santo Yusuf pekerja ini terbesar setulang bawang mewakili gereja-gereja katolik yang ada di wilayah tulang bawang

3.. pure merajan

Gambar. Pure merajan
Gambar. Pure merajan

Pure merajan ini berdiri sejak tahun 90 an. Pure ini tempat ibadah umat Hindu menjalan ibadah nya  khususnya untuk keluarga kata lain dari merajan Dan pusat untuk ibadah umat Hindu sendri yang bernama pure puse. Terlihat saat hari hari besar umat Hindu di rayakan.

4.. wihara maitri Wira agung

Gambar. Wihara maitri Wira agung

Wihara ini berdiri sejak tahun 2000 an. Yang di bangun atas kesepakatan atau sepertinya masyarakat setempat, wihara maitri wira agung ini pusat umat Budha setulang bawang  mewakili wihara wihara yang ada di kabupaten tulang bawang.Terlihat pada hari hari besar umat budha di selenggarakan atau yang mengikuti acara tersebut..

5.. gereja HKBP

Gambar skrinshot. Gereja HKBP

Gereja HKBP  ini di renovasi sejak tahun 2000 an oleh umat gereja HKBP dengan melihat perkembangan jaman. Gereja HKBP terbesar di tulang bawang,untuk mewakili gereja-gereja HKBP yang ada di tulang bawang.

Kampung penawar rejo terlihat  jelas tempat yang strategis, dari akses tempat ibadahnya dari tata wilayah nya dan tidak jauh dari pusat keramaian/pusat pembelajaran.
Dan tidak mungkin para pengusaha pengusaha mengincar tempat strategis ini untuk membangun berbisnis.

Kami warga penawar Rejo sangat bangga dengan berbagai suku,agama dan budaya yang ada di kampung kami. Kami saling menghargai menghormari satu sama lain nya, kita saling menjaga kerukunan antar umat beragama, itulah kami menjujung tinggi semboyan BINIKA TUNGGAL IKA…8/9/19

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan