Mulainya PPDP Mencoklit Data Pemilih Untuk Pilgub Lampung

Pelepasan Petugas PPDP yang akan melaksanakan pendataan COKLIT yang juga didampingi oleh Pengawas Lapapangan, PPS Penawar rejo dan PPK Banjar Margo

penawarrejo.desa.id | Penawar rejo 20 januari 2018. Setelah Masa Jabatan Gubernur Lampung yang akan berakhir tahun 2019 maka akan di adakan kembali pemilihan Gubernur dan wakil gubernur provinsi Lampung periode 2019-2024 akan tetapi seharusnya pemilihan ini dilaksanakan di tahun 2019 akhirnya dimajukan di tahun ini dan dilaksanakan serentak ini dikarenakan pada tahun 2019 juga akan ada pemilihan DPD, DPR RI / provinsi / kabupaten-kota dan juga pemilihan Presiden dan wakil presiden sehingga pemilihan kepala daerah dimajukan di tahun ini. Ada sekitar 171 pemilihan kepala daerah yang akan melaksankan pemilihan kepala daerah ini diantaranya 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten  termasuk provinsi Lampung.

Ketua PPS memberikan Pengaraan Kepada petugas PPDP sebelum melaksanakan coklit (dokumen penawarrejo.desa.id – photo by suyanto).
Keseriusan PPDP mendengarkan pengarahan dari ketua PPS Bp Edi suntoro yang juga di hadiri oleh PPK dan Panwas Lapangan. (dokumen penawarrejo.desa.id – photo by suyanto).

Karena Pemilihan Gubernur dan wakil akan di adakan tahun ini maka KPU mempersiapan semuanya hingga ke tingkat PPS. karena dalam pemilihan ini memerlukan data mata pilih yang akurat KPU menugaskan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk melaksanakan Pencocokan dan penelitian (coklit) dilapangan secara serentak dimulai hari ini. hal ini bertujuan agar dalam pemilihan nantinya medapatkan data calon pemilih yang benar. sedangkan di kampung Penawar rejo ada 5 petugas PPDP yang juga bertanggung jawab terhadap 5 TPS yang ada.

Coklit di rumah kepala kampung Bp Mulyoto yang dilakukan oleh PPDP sdr Sumardi (dokumen penawarrejo.desa.id – photo by suyanto).
Bp Kepala kampung memberikan keterangan tentang data keluarganya kepada petugas PPDP (dokumen penawarrejo.desa.id – photo by suyanto).

Pagi ini dalam pelepasan Petugas PPDP yang dihadiri oleh PPS kampung penawar Rejo dan anggota juga di hadiri oleh PPK kecamatan Banjar Mago dan anggotanya. Sebelum melaksanakan coklit PPDP medapatkan pengarahan dari PPS dan PPK pada pukul 08.00 wib, dalam sambutanya ketua PPS Bp Edi Suntoro menyampaikan bahwa kegiatan coklit ini sangatlah penting dikarenakan nantinya data tersebut haruslah benar sehingga calon pemilih yang sudah berumur 17 tahun keatas dapat memilih dalam  PILKADA serentak pada bulan juni nanti,

 

Coklit di rumah bp Santo yang dikalukan oleh sdr Sumardi (dokumen penawarrejo.desa.id – photo by suyanto).
coklit dirumah bp Ramon M tobing yang diwakili oleh istrinya yeni dan didata oleh sdr Nurhadi (dokumen penawarrejo.desa.id – photo by suyanto).

Sedangkan ketua PKK saudara Inam Masruri dalam pengarahanya menyampaikan agar petugas PPDP dapat melaksanakan coklis sesuai dengan peraturan yang yang sudah tercantum dalam buku panduan agar petugas tidak mendapatkan permasalahan yang serius. Apabila petugas ada yang belum dipahami sebaiknya ditayakan kepada PPS setempat. setelah pengarahan dilanjutkan dengan pencocokan dan penelitian langsung kepada masyarakat, dalam pendataan tersebut setiap PPDP didampingi satu petugas PPS dan juga di saksikan oleh petugas PPK kecamatan Banjar Margo yang kebetulan penetapan pendatan mata pilih tersebut adalah rumah bapak kepala kampung Penawar rejo yaitu Bp Mulyoto.

Penempelan Stiker A.A.2 KWK di rumah Bp Santo (dokumen Penawarrejo.desa.id – photo by Suyanto).

Setelah medapatkan 5 sample pendataan yang dilaksanakan oleh PPDP menurut ketua PPK kecamatan Banjar Margo dan anggotanya menyatakan bahwa petugas PPDP sudah melaksanakan sesuai dengan aturan dan intruksi yang benar dan dianggap sudah mampu melaksankan pendataan coklit pilkada serentak ini.