Cara Kartini masa kini menghidupkan obor agar tetap menyala

Peserta Lomba dari RK 5 Berfoto bersama setelah mendapatkan juara 2 dari 5 peserta

Kartini. (Habis gelap terbitlah terang) Bukan sekadar nama namun telah menjadi simbol emansipasi. Berawal dari hasrat agar kaumnya mendapatkan persamaan hak, kebebasan, dan kesetaraan hukum, Kartini dan para pahlawan perempuan nasional lainnya membuka jalan agar para perempuan Indonesia berani bermimpi, menuntut ilmu setinggi-tingginya, dan bebas berkarya.

Tumpeng hasil karya perserta dari suku 5 tampak begitu indah dan rapi dalam penyusunan sengihingga memperoleh juara
Peserta dari rk 3 yang memperoleh juara pertama .

Karena Kartinilah wanita sekarang semakin pintar dan maju, bukan hanya sekedar mengurus rumah dan anak saja tetapi banyak sekali wanita jaman sekarang yang sudah membantu perekonomian keluarganya sehingga tidak terlalu mengandalkan penghasilan sang suami.

Tim penilai saat memeriksa dan menilai hasil karya pesrta.
Peserta dari RK 2 sebelum menghias tumpengnya.

Begitu juga dengan para ibu-ibu di kampung Penawar rejo ini, justru dengan cara mereka sendiri mereka mempunyai pendapatan, salah satunya melalui usaha kuliner dan makanan karena itulah mereka pada hari sabtu 21 April 2018 mereka melakukan lomba membuat tumpeng untuk memperingati hari Kartini yang sudah berjasa bagi kaum hawa ini.

Peserta dari RK 1 sesaat sebelum lomba

Ide dari perlombaan ini di berasal dari ketua PKK yang juga istri dari kepala Kampung Penawar rejo saudari Aksarin. Awalnya lomba ini hanya untuk anggota PKK saja tetapi, mengingat banyak warga yang sangat antusius akhirnya di putuskan ibu-ibu supaya setiap RK mewakili wilayah masing masing, sedangkan kampung Penawar rejo ada 5 RK sehingga perserta yang mengikuti berjumlah 5 kelompok saja.

 

Dalam acara tersebut yang menjadi tim penilai adalah dari aparatur kampung yaitu Bpk Sartomo kasi pemerintahan, Bpk Slamet Widodo Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan dan Bpk Purwinoto Kaur Perencanaan Pembangunan. Dari hasil penilaian ketiga juri ini yang menjadi pemenang juara 1 adalah kelompok ibu-ibu dari RK 3 lalu juara 2 dari RK 5 dan Juara 3 dari RK 4