Badan Usaha Milik Kampung (BUMKAM) Menuju PRUKADES

Pengerukan Tanah pembuatan kolam.

Penawarrejo, 26 Desember 2017- Delapan anggota kelompok tani ini mengajukan pembuatan kolam ikan kepada bumkam melalaui program kepala kampung yang  bertujuan untuk mensukseskan salah satu program kementrian desa program unggulan kawasan pedesaan (prukades). Program ini jg sejalan dengan keinginan kepala kampung bahwa penawar rejo harus menjadi kampung yang mandiri dan maju.

Tampak beberapa anggota kelompok tania bekerja sama membuat kolam.

8 anggota kelompok tani ini saat ini sudah membuat media kolamnya tinggal mengisi air dan bibit ikan gurameh yang akan di tebar. Dari 8 kolam ini rencana akan di isi dengan ikan setiap kolamnya, dengan ukuran 4m x 10m akan di isi dengan bebit sebanyak 2500 ekor.

Tampak salah stu pekerja sedang mengamati kerapihan pembutan kolam supaya tidak mudah longsor tanahnya.

Dan harapan kepala kampung dalam waktu 1 tahun ikan gurameh ini sudah penen. Program ini menggunakan konsep kemitraan dimana anggota kelompok tani yang membuat kolam akan di berikan plastik kolam, bibit ikan dan pakan sampai nanti panen jika nanti ikan sudah panen akan menggunakan sitem bagi hasil setelah di potong dengan modal untuk mengembalikan modal awal dengan begitu bumkam mendapat untung dan petani jg mendapat untung.

Jika terjadi hal yang diluar kesengajaan misalnya ikan mati karena penyakit maka kerugian akan ditanggung bersama sama.

Komentar Facebook